• H.M. Yadi Robyan Noor memukul gong membuka acara Musda FKMPI Kaltim-Kaltara 2019

Keresahan dan keprihatinan para mahasiswa terhadap perkembangan bidang pertanian di Kalimantan Timur di era revolusi industri 4.0 menjadi tema Musyawarah Daerah Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik Indonesia (Musda FKMPI) Kalimantan Timur-Kalimantan Utara tahun 2019 pada Sabtu (30/3) lalu. Ketua Panitia Musda FKMPI Kaltim-Kaltara Arman menyampaikan bahwa sudah saatnya sektor pertanian yang merupakan soko guru bidang kehidupan menjadi perhatian utama di Kalimantan Timur. Selama ini ujar Arman bidang pertambangan yang menjadi andalan Kalimantan Timur dalam menghidupkan ekonomi berangsur-angsur menurun perannya. Sebelum tambang ini benar-benar redup, Kaltim ujar Arman harus benar-benar mempersiapkan pertanian untuk menggantikannya. Apabila tidak maka akan terjadi stagnasi perekonomian di Kalimantan Timur. “Kami angkat tema implementasi revolusi industry 4.0 di bidang pertanian pada seminar yang sekaligus musda ini” ujar Arman didampingi Presiden BEM Politani Samarinda Mustafa Muli dan Koordinator FKMPI Kaltim-Kaltara 2018 Ahmad Muhaimin.
Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim Ibrahim mengamini pendapat tersebut. Politani Samarinda ujar Ibrahim bisa menjadi salah satu motor penggerak dalam menjadikan bidang pertanian sebagai bidang utama dalam pembangunan Kalimantan Timur. Apalagi Gubernur Kalimatan Timur Isran Noor saat ini ujar Ibrahim sudah menetapkan bahwa pertanian adalah salah satu program utama Kaltim Berdaulat. “Kesempatan ini jangan sampai dilewatkan. Politani Samarinda bisa mengambil peran” tegasnya.
Tidak berbeda dengan Ibrahim, Staf Ahli Gubernur Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah H.M. Yadi Robyan Noor yang membuka acara Musda FKMPI tersebut juga mengatakan siap memfasilitasi Politani Samarinda untuk berkiprah bersama-sama Pemerintah Provinsi Kaltim mengembangkan bidang pertanian. “Tentu disesuaikan dengan misi Kaltim berdaulat milik Pak Gubernur” ujarnya. Wakil Direktur Politani Samarinda Bidang Kemahasiswaan Husmul Beze menyambut gembira kesempatan dan tantangan yang diberikan Pemprov Kaltim tersebut. Sebagai perguruan tinggi, Politani Samarinda ujarnya akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kaltim dan Indonesia (bz)