Politani bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Kalimantan Timur menggelar kegiatan Pelatihan Mikrotik Academy Trainer bertempat di Lantai 3 Gedung Direktorat Politani Samarinda. Mikrotik Academy adalah program sertifikasi untuk bidang keahlian jaringan komputer bertaraf internasional yang berpusat di Latvia. Sertifikasi Mikrotik merupakan salah satu sertifikat keahlian yang banyak dibutuhkan dan dicari di industri jaringan komputer.

Politani melalui Pembantu Direktur IV Bagian Kerja Sama, Yulianto menyambut dengan baik kesempatan ini. “Sebuah kebanggaan kalau kita Politani boleh dipercaya APTIKOM Kaltim untuk menjadi tuan rumah kegiatan ini”, ujar Yulianto. “Kegiatan Academy Training ini juga memungkinkan para dosen kita khususnya di prodi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) untuk memberikan pelatihan buat para mahasiswa kita nantinya. Harapan saya mahasiswa kita di prodi TRPL juga bisa tersertifikasi keahliannya sebelum lulus kuliah”, tambahnya.

Dedy Cahyadi yang bertindak sebagai trainer turut senang akan terlaksananya kegiatan ini. “Acara ini bertujuan agar Perguruan Tinggi anggota APTIKOM Kaltim dapat bersinergi dengan dunia industri di bidang Jaringan Komputer dengan meningkatkan SDM dosen dan mahasiswa melalui program Mikrotik Academy”, ujarnya.

Kegiatan ini diselenggarakan selama lima hari, 11-15 Maret 2019 dan diikuti oleh 18 peserta dari 6 perguruan tinggi di Kaltim meliputi ITK Balikpapan, STITEK Bontang, STMIK Borneo Internasional, STMIK Widya Cipta Dharma Samarinda, Universitas Mulia Balikpapan, dan Politani Samarinda selaku tuan rumah. Politani Samarinda mengirimkan 7 orang peserta yang terdiri dari dosen dan PLP dari prodi TRPL (yu).