• Direktur Politani Hamka Menerima Cinderamata dari Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo Disaksikan oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumantri

  • Penanaman Simbolis Tunas Kelapa di Taman Ujung Kabupaten Karangasem oleh Bupati anggota KOPEK dan Direktur Politani Samarinda

Politani Samarinda mulai coba berkiprah di ajang nasional dengan ikut menghadiri Rapat Pemantapan Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) yang berlangsung dari tanggal 15-16 Februari 2019 di Aula Kantor Bupati Karangasem, Bali. Diwakili langsung oleh Direktur Politani Samarinda  Hamka, ajang ini juga dihadiri oleh tujuh bupati dari kabupaten penghasil kelapa dari seluruh Indonesia.

KOPEK sendiri adalah Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa yang bertujuan memajukan budidaya dan pengolahan kelapa di Indonesia. Bersemboyankan “Mengembalikan Kejayaan Kelapa Indonesia”, KOPEK yang dipimpin oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mendorong untuk pemanfaatan kelapa untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. “Berbeda dengan budidaya tanaman lain yang cenderung dikuasai korporasi, perkebunan kelapa kita cenderung dikuasai oleh petani-petani kecil. Karenanya memajukan kelapa berarti memajukan para petani kita”, pungkas Nelson.

Acara diawali dengan kegiatan seminar dan rapat koordinasi pada hari Jumat (14/2) yang menghasilkan beberapa keputusan antara lain: rencana pelaksanaan Festival Kelapa Internasional di Bulan September 2019 dengan Kabupaten Karangasem selaku tuan rumah dan kegiatan Seminar Pemanfaatan Kelapa untuk Reklamasi Lahan Eks Tambang dengan menunjuk Politani Samarinda sebagai tuan rumah. “Politani Samarinda siap menjadi tuan rumah. Kami akan membawa kabar ini ketika beraudiensi dengan Pemprov Kaltim agar mendapat pula dukungan langsung dari Pemprov”, ujar Hamka setelah penunjukan.

Hari kedua kegiatan (16/2) diisi dengan kegiatan penanaman simbolis tunas kelapa yang dilakukan oleh seluruh Bupati yang hadir dan Direktur Politani di Taman Ujung Kabupaten Karangasem. (Yu)