• Suasana Silaturahim antara Pengelola Politani Samarinda dengan Pengurus BPD Bhuana Jaya

Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Bhuana Jaya, Suhuri menyatakan sangat berminat dengan program rekognisi pembelajaran lampau (RPL) yang ada di Politani Samarinda. Hal ini disampaikannya saat acara silaturahmi Pengelola Politani Samarinda dengan jajaran Badan Perwakilan Desa Bhuana Jaya pada Rabu (13/2). Suhuri mengaku sangat gembira dengan program RPL yang sangat fleksibel ini. Apalagi di dalam Program RPL Politani Samarinda, kemampuan calon mahasiswa dihargai, dan penghargaan tersebut bisa dikonversi ke dalam mata kuliah sudah terkuasai mahasiswa. “Ini sangat cocok dengan kondisi Bhuana Jaya” tegasnya.

Suhuri memaparkan bahwa sebagian besar warga Desa Bhuana Jaya yang kini bekerja di perusahaan-perusahaan di sekitar desa memiliki tingkat pendidikan SMA atau sederajat. Seiring waktu dan bertambahnya pengalaman, kompetensi tenaga kerja dari Desa Bhuana Jaya meningkat. Tetapi karir para warga tersebut tidak kunjung berkembang karena terhambat tingkat pendidikan. “Saya gemes banget lihat hal ini. Kami itu ingin lihat warga itu bukan hanya jadi pekerja tapi jadi bos juga. Karena kemampuan mereka banyak yang sudah layak” ucapnya.

Untuk mendukung keinginannya tersebut, Suhuri mengungkapkan akan membuat rekomendasi penggunaan dana corporate social responsibility (CSR) yang diarahkan ke bidang pendidikan. Dana CSR yang diberikan perusahaan ke Desa Bhuana Jaya, sebagiannya akan dijadikan dana beasiswa bagi warga selama perkuliahan. “Kami akan kirim warga Kami ke Politani Samarinda dengan beasiswa CSR ini” tegasnya.

Direktur Politani Samarinda Hamka menyambut baik semangat dan keinginan dari BPD Desa Bhuana Jaya ini. Sebagai perguruan tinggi, Hamka menyatakan siap berkontribusi meningkatkan sumber daya manusia di Desa Bhuana Jaya. Apalagi model pembelajaran yang tersedia di Politani Samarinda sudah bervariasi. Sehingga masyarakat bisa memilih model seperti apa yang akan dijadikan sebagai jalur meningkatkan komptensi pribadinya.

Sekadar diketahui RPL adalah program pengakuan terhadap capaian pembelajaran (CP) yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal atau non formal atau informal, dan/atau pengalaman kerja pada jenjang pendidikan tinggi, dimulai dari level 3 KKNI atau (Program D1) sampai dengan jenjang kualifikasi level 9 KKNI (Program Doktor). (bz)