Mahasiswa Politani Samarinda Ukir Prestasi di Porprov Kaltim 2018

  • Muhammad Haidir Satria Jaya

    Muhammad Haidir Satria Jaya (paling kanan, jaket hijau) foto bersama seusai menerima medali perunggu pada Porprov Kaltim 2018

Meraih prestasi di bidang akademik bagi seorang mahasiswa adalah hal biasa. Namun akan berbeda jika seorang mahasiswa berhasil meraih prestasi di luar akademik, semisal olah raga silat. Tentu menjadi suatu kebanggan tersendiri. Adalah Muhammad Haidir Satria Jaya, mahasiswa Program Studi Teknologi Geomatika Politani Samarinda, berhasil meraih medali perunggu di ajang Porprov Kaltim 2018. Haidir turun di kelas H Dewasa 80 – 85 kg, membela kampung halamannya Balikpapan.  Walau harus kandas di babak semifinal, mahasiswa semester 3 Politani Samarinda ini mengaku bersyukur mampu menunaikan tugasnya di ajang paling bergengsi se-Kalimantan Timur. “Alhamdulillah bisa meraih perunggu Pak” tulis Haidir lewat pesan percakapan WhatsApp kepada Husmul Beze, Pembantu Direktur III Politani Samarinda seusai menerima kalungan medali.

Haidir menceritakan bahwa prestasi yang diraihnya ini bukan hasil sim salabim. Tapi lewat latihan dan kerja keras. Sejak TK dirinya telah berlatih di Perguruan Persinas Asad Balikpapan. Mulanya hanya coba-coba. Setelah berlatih beberapa lama pria berkaca mata ini mengaku jatuh cinta dengan olah raga pencak silat. Selain untuk menjaga diri, latihan silat yang ditekuninya belasan tahun  tersebut memberikan rasa percaya diri di pergaulan. Bukan hanya pergaulan dengan teman-teman se-kampus, Haidir mengaku jadi memiliki pergaulan lebih luas. Teman-teman se-perguruan dan sesama pegiat olah raga pencak silat seluruh Indonesia bisa dijalin. Apalagi komunikasi saat ini lebih mudah. Dengan perangkat telepon pintar, Haidir bisa berkomunikasi langsung dengan teman-temannya se-Indonesia. Bertukar informasi dan pengalaman. “Suatu saat Saya ingin membahagiakan orang tua Pak” tulis Haidir lagi lewat pesan percakapan WhatsApp kepada Husmul.

Direktur Politani Samarinda Hamka langsung mengucapkan selamat saat mengetahui salah satu mahasiswanya meraih prestasi  di ajang Porprov Kaltim 2018. Hamka berharap, munculnya beberapa prestasi dari mahasiswa di berbagai kejuaraan bisa memberikan semangat kepada mahasiswa lainnya untuk berprestasi. “Di bidang apapun prestasi mahasiswa, kita sebagai pengelola akan mengapresiasinya dan mendukungnya” ujarnya. (bz).