Politani Sabet Juara di Lampung Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian (AITEC)

  • Juara 3 AITEC

Mahasiswa Politani Samarinda berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. Kali ini di Kompetisi Inovasi Teknologi Bidang Pertanian (AITEC) 2018 Lampung pada 26 – 29 November 2018 lalu. Tim Politani Samarinda yang diketuai oleh Aco Wahyudi berhasil meraih juara 3 menyingkirkan 20 tim peserta lainnya dari Politeknik seluruh Indonesia. Ilham Ilyas, mahasiswa wakil tim Politani Samarinda yang melakukan presentasi menyampaikan rasa syukurnya atas capaian yang telah diraih. Ilham mengaku tidak percaya saat timnya diumumkan sebagai juara ketiga dalam ajang paling bergengsi bagi mahasiswa Politeknik se-Indonesia di bidang pertanian itu. Sebab inovasi yang disampaikan oleh tim-tim Politeknik lainnya sangat bagus dan terbarukan. “Namun berkat doa Bapak Ibu Dosen, teman-teman, Saya sampaikan semua hasil inovasi yang telah dikerjakan tim” ujar Ilham.

Dalam kompetisi tersebut Tim Politani Samarinda menyampaikan inovasi tentang Sistem Smart ACE (Adjustment, Controlling and Evaluation) Soil untuk Komoditi Tanaman Perkebunan. Sistem ini mampu melakukan memberikan informasi akurat tentang kondisi tanah khususnya tingkat keasaman tanah. Selain itu sistem ini juga mampu melakukan kontrol dan evaluasi terhadap perubahan kondisi tanah. Dengan kemampuan tersebut maka kondisi tanah yang bagus untuk perkebunan  bisa terpantau. Sehingga mampu memberikan nutrisi dan kondisi paling maksimal untuk pertumbuhan tanaman.

Direktur Politani Samarinda Hamka menyatakan bangga atas raihan yang dicapai oleh mahasiswanya. Menurutnya prestasi ini merupakan salah satu bukti bahwa Politani Samarinda terus membuat inovasi di bidang pertanian.  Sebagai kampus dengan label pertanian, Politani Samarinda ujar Hamka akan terus fokus mengembangkan dunia pertanian dengan berbagai macam inovasi yang bisa memudahkan petani untuk mencapai hasil terbaiknya. Apalagi Kaltim memiliki wilayah perkebunan sawit yang sangat luas yaitu lebih dari 2 juta Hektare.  “Kami ada untuk Petani Kaltim dan Indonesia” pungkasnya (bz).

Teks foto: Ilham Ilyas (baju biru), mewakili Tim Politani Samarinda terima piala juara dari Wakil Direktur 3 Polinela Lampung