KEGIATAN ORIENTASI PROFESI MAHASISWA PROGRAM STUDI BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN TAHUN AJARAN 2018/2019 SEMESTER IV

Orientasi Profesi (OP) yang ke lima telah dilaksanakan oleh Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan selama 7 hari terhitung sejak tanggal 1 Mei sampai dengan 7 Mei 2018. Tahun ini kegiatan tidak dilaksanakan di Pulau Jawa seperti tahun-tahun sebelumnya, namun berkunjung dan belajar di PT. Sentosa Kalimantan Jaya di Berau Kalimantan Timur, yaitu sebuah perusahaan kelapa sawit yang telah memiliki MoU dengan Politani Samarinda. Kegiatan ini  lebih difokuskan pada persiapan mahasiswa untuk menghadapi Praktik Kerja Lapang (PKL) semester VI nantinya.

Kegiatan OP diikuti oleh mahasiswa semester IV Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan berjumlah 30 orang dan didampingi oleh 6 orang dosen.

Adapun kegiatan OP bukan hanya diajarkan bagaimana cara budidaya tanaman kelapa sawit seperti pemeliharaan tanaman kelapa sawit, sampai dengan pemanenan, mahasiswa diajarkan juga diajarkan bagaimana memperbanyak tanaman jenis mucuna sebagai tanaman kacangan penutup tanah disela-sela tanaman sawit, selain itu juga mahasiswa diajarkan bagaimana menernakan Elaidobius kamerunicus Faust merupakan serangga polinator (penyerbuk) tanaman kelapa sawit. Pada hari keenam mahasiswa diajak berkunjung ke pabrik pengolahan buah sawit, pabrik yang berdiri megah di Tanjung Batu Berau, merupakan pabrik yang modern dengan sistem pengolahan semi digital sehingga memudahkan dalam operasionalnya dan lebih efisien. Perjalan Orientasi Profesi ini ditutup dengan melakukan wisata ke Pulau Derawan, Sangalaki, dan  Kakaban.