DISEMINASI HASIL KAJIAN KEBIJAKAN PUBLIK PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KALIMANTAN TIMUR

Diseminasi Hasil Kajian Kebijakan Publik yang dilaksanakan di Hotel Le Grandeur Balikpapan oleh Ombudsmen Republik Indonesia dari Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur  pada tanggal 8 Mei 2018 merupakan kegiatan akhir dari 3 (tiga) rangkaian kegiatan Ombudsma. Kegiatan diawali dengan pemetaan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik pada 7 (tujuh) Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kalimantan Timur,  dilaksanakan 15 Maret – 5 April 2018, yaitu pada (1) Institut Teknologi Kalimantan, (2) Politenik Negeri Balikpapan, (3) Universitas Mulawarman, (4) Politenik Negeri Samarinda, (5) Institut Agama Islam Negeri Samarinda, (6) Politenik Pertanian Negeri Samarinda dan (7) Politenik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur.  Setelah kegiatan pemetaan dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang ketujuh PTN yang  telah didata pada tanggal 18 April 2018 di Hotel Novotel Balikpapan. Diseminasi Hasil Kajian Kebijakan Publik yang dilaksanakan di Hotel Le Grandeur Balikpapan oleh Ombudsmen Republik Indonesia dari Kantor Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur  pada tanggal 8 Mei 2018 merupakan kegiatan akhir dari 3 (tiga) rangkaian kegiatan Ombudsma. Kegiatan diawali dengan pemetaan pelaksanaan Standar Pelayanan Publik pada 7 (tujuh) Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Kalimantan Timur,  dilaksanakan 15 Maret – 5 April 2018, yaitu pada (1) Institut Teknologi Kalimantan, (2) Politenik Negeri Balikpapan, (3) Universitas Mulawarman, (4) Politenik Negeri Samarinda, (5) Institut Agama Islam Negeri Samarinda, (6) Politenik Pertanian Negeri Samarinda dan (7) Politenik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur.  Setelah kegiatan pemetaan dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengundang ketujuh PTN yang  telah didata pada tanggal 18 April 2018 di Hotel Novotel Balikpapan.

Pada kegiatan Diseminasi ini, disampaikan hasil pemeriksaan lapangan, metode kajian pengambilan data, kendala pelaksanaan layanan publik dan opsi kebijakan yang disampaikan oleh Bapak Frederikus Denny Christyanto. Disampaikan bahwa metode kajian pengambilan data yang digunakan pada ketujuh PTN adalah Wawancara, Observasi, Mysteri Shopping dan Focus Group Discussion.Juga disampaikan kembali hasil penilaian 8 komponen Standar Pelayana Publik (SPP) yang telah dilaksanakan di tujuh PTN, yaitu :

  1. Institut Teknologi Kalimantan, baru melaksanakan 1 SPP yaitu Evaluasi Kinerja Pelayanan
  2. Politenik Negeri Balikpapan, baru melaksanakan 1 SPP yaitu Evaluasi Kinerja Pelayanan
  3. Universitas Mulawarman, baru melaksanakan 1 SPP yaitu Evaluasi Kinerja Pelayanan, namun komponen lain sudah ada dalam bentuk draft untuk disyahkan Senat
  4. Politenik Negeri Samarinda, sudah melaksanakan seluruh komponen SPP
  5. Institut Agama Islam Negeri Samarinda, belum melaksanakan seluruh komponen SPP, karena kurang adanya koordinasi dengan institusi Kementerian Agama
  6. Politenik Pertanian Negeri Samarinda, sudah melaksanakan 7 komponen SPP
  7. Politenik Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur, baru melaksanakan 1 SPP yaitu Evaluasi Kinerja Pelayanan

Kendala-kendala  yang dihadapi PTN dalam pelaksanaan pelayanan publik, hasil dari pemetaan dan FGD  adalah : (1) Kekurangan SDM yang membidangi pelayanan publik secara khusus, (2) PPID masih merangkap sebagai pengelola pengaduan, (3) Budaya yang sudah mengakar terkait pemberian imbalan kepada penyelenggara pelayanan publik, (4) Dalam pengaduan, mahasiswa cenderung mengadu kepada dosen walinya secara pribadi dan tidak tercatat dengan baik, (5) Penyelenggara belum memahami pentingnya penerapan SPP; dan (6) SOP yang disusun hanya untuk pihak internal tanpa pemberitahuan kepada pengguna.Narasumber kegiatan Diseminasi ini adalah Ibu DR. Ir. Hetifah Sjaifudian, MPP, beliau adalah Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang menyampaikan materi “Tuntutan Globalisasi Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Publik di Perguruan Tinggi” Narator kedua adalah Bapak Munawir Sadzai Razak, S.IP, MA, beliau adalah Kabag Komunikasi Publik Setjen Kemenristekdikti yang menyampaikan materi “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kemenristekdikti”Narator terakhir adalah Bapak Ali Wardana, S.Sos seaku Plt. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Kalimantan Timur, yang menyampaikan materi “Peran Ombudsman RI dalam Pengawasan Pelayanan Publik”

Penyampaian hasil pemetaan dan kajian Standar Pelayanan Publik di Perguruan Tinggi Negeri di Kaltim

Penyampaian materi oleh ibu DR. Ir. Hetifah Sjaifudin, MPP (Wakil Ketua Komisi X DPR RI)

Penyampaian materi oleh Bapak Munawir Sadzali Razak, S.IP, MA (Kabag Komunikasi Publik Setjen Kemenristekdikti)

Penerimaan Cinderamata kepada perwakilan tujuh PTN di Kaltim

Foto bersama seluruh peserta kegiatan Diseminasi bersama narasumber dan panitia