PENGGALANGAN DANA UNTUK KORBAN KEBAKARAN OLEH FORUM MAHASISWA BIDIKMISI (FORMADIKSI) POLITANI SAMARINDA

Terdengar suara sirine dari kejauhan sepertinya hal yang sudah sering kita dengar dan terngiang dalam pikiran kita bahwa telah terjadi bencana kebakaran. Baik dari hulu maupun hilir seakan tidak pernah luput dari ancaman kebakaran. Baru-baru ini kita di gegerkan dengan kasus kebakaran yang terjadi di Jl. Merdeka II Sei Pinang Dalam, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Peristiwa ini merenggut 6 orang korban jiwa. Informasi yang diperoleh dari TRC BPBD Samarinda, kejadian tersebut terjadi Selasa (17/4) sekitar pukul 02.00 Wita-04.00 Wita. Sedangkan penyebab kebakaran hingga saat masih ditelusuri. Korban meninggal karena tidak dapat membebaskan diri, lokasi yang sempit dan tidak ada akses lain, depan dan samping bangunan permanen sehingga korban terjebak dibagian belakang rumah. mendengar hal ini masyarakat Samarinda khususnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) saling tolong-menolong untuk membantu korban yang terkena musibah. Bantuan datang beragam baik dari moril maupun materi. Bentuk bantuannyapun beragam baik dari partisipasi anggota masing-masing hingga turun kejalan disekitaran lampu merah. Melihat hal demikian para mahasiswa khususnya  tidak ingin ketinggalan dalam memberikan partisipasi dan sumbangsinya. mahasiswa dan masyarakat  ibarat sepasang sendal yang apabila dipakai keduanya  akan terlihat seimbang.

Mahasiswa  merupakan elemen dari masyarakat itu sendiri sudah sepatutnya peka akan keadaan seperti ini. menjadi mahasiswa bukan hanya menjalani perkuliahan semata namun juga mendapat tugas untuk mengabdi kepada masyarakat. Mengabdi disini bukan sekedar menuntaskan kewajiban semata akan tetapi lebih dari pada itu. Pengabdian yang dimaksud ialah ditujukan kepada masyarakat sewaktu memerlukan bantuan maupun terkena musibah. Intinya mahasiswa ada di saat masyarakat membutuhkan. Dasar inilah yang memicu Forum Mahasiswa Bidikmisi Politani Samarinda yang tergerak untuk  melakukan aksi galang dana diKampus maupun di luar Kampus tepatnya di titik–tiktik lampu merah (20/4/18). Aksi penggalangan berlangsung selama 2 hari.  Dihari pertama diadakan aksi penggalangan dana di dalam lingkungan Kampus Politani. Hari kedua diadakan diluar Kampus Politani sesuai dengan titik yang telah disepakati pengurus forum yang dikoordinir oleh divisi sosial masyarakat. Setelah rangkaian penggalangan dana diadakan barulah pada hari Senin tepatnya tanggal 23 April 2018 teman-teman pengurus mendatangi wilayah tempat kejadian untuk memberikan  hasil dari sumbangsih oleh para donatur  yang telah dikumpulkan. Setibanya di tempat, para pengurus dijamu walau hanya dengan senyuman oleh warga maupun para relawan/ti, tanpa menunggu lama donasipun akhirnya diberikan kepada petugas dari Polresta Samarinda yang telah membuat posko kebakaran untuk kemudian diberikan kepada warga yang terkena musibah.

Maka dengan ini forum mahasiswa bidikmisi ingin mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi oleh masyarakat juga pihak institusi dalam hal ini Kampus Politani Samarinda karena telah memberikan sumbangsih serta membantu melancarkan kegiatan ini.

Penggalangan Dana untuk Korban Kebakaran