ORIENTASI PROFESI 2 (OP 2) PRODI TEKNOLOGI HASIL HUTAN (THH) POLITANI SAMARINDA 17-21 APRIL 2018 DI YOGYAKARTA

Prodi Teknologi Hasil Hutan pada tanggal 17 s/d 21 April 2018, selama 5 hari melaksanakan kegiatan Orientasi Profesi 2 atau disebut dengan OP 2 di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Kegiatan orientasi profesi adalah salah satu kegiatan akademik yang tertuang dalam kurikulum pendidikan Prodi THH yang dilaksanakan pada semester II dan IV. Semester II adalah Orientasi Profesi 1 dengan materi Pengenalan Industri Kehutanan (PIK) sedangkan pada semester IV adalah Orientasi Profesi 2 dengan materi Pengolahan Hasil Hutan.

Kegiatan Orientasi Profesi 2 prodi THH pada tahun 2018 diikuti oleh 35 orang mahasiswa dan 4 orang pendamping. Beberapa industri pengolahan kayu dan non kayu menjadi sasaran kunjungan studi ini diantaranya adalah industri kerajinan kayu Agung Handy Craft di kawasan candi prambanan, Industri Penggergajian rakyat dan Industri meubeler serta pengelolaan hutan pinus di daerah Mangunan, kawasan Puncak Becici, dan Industri pengolahan asap cair (liquid smoke)sertaInstalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal Desa di daerah Bantul Yogyakarta. Disamping itu pulakegiatan orientasi profesi ini diisi pula dengan kunjungan beberapa objek wisata di seputaran Yogyakarta diantaranya adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur,Kebun Buah kawasan puncak Becici, Pantai Parang Teritis dan Wisata Goa Pindul serta kunjungan pada Sekolah Vokasi UGM pada Program Studi Pengelolaan Hutan.

Secara prinsip apayang dilihat dan dikunjungi pada kegiatan orientasi profesi ini telah mahasiswa dapatkan dalam kegiatan kuliah dan praktikum yang mereka ikuti dikampus Politeknik Pertanian Negeri Samarinda khususnya pada Program Studi Teknologi Hasil Hutan. Kunjungan studi ini akan lebih menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan mahasiswa akan implementasi keilmuannya di masyarakat serta memberikan inspirasi bagi mahasiswa bagaimana kelak mereka akan berkiprah di masyarakat setelah menyelesaikan pendidikan. Sedangkan kunjungan daerah wisata akan memberikan wawasan pengetahuan akan budaya dan sejarah serta kekayaan alam Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Akhir dari kunjungan studi diisi dengan sharing dan diskusi dengan Sekolah Vokasi UGM tentang seputaran kegiatan akademik dan kemahasiswaan serta penyelenggaraan pendidikan vokasi diploma III di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. (Created by ARZ)

Kunjungan Studi pada Sekolah Vokasi Prodi Pengelolaan Hutan UGM Yogyakarta

Orientasi Profesi pada Agung Handicraft Yogyakarta

Orientasi Profesi pada Industri Penggergajian Rakyat dan Meubeler di Daerah Mangunan Kawasan Puncak Becici Yogyakarta

Orientasi Profesi pada Pengelolaan Hutan Pinus di Daerah Mangunan Kawasan Puncak Becici Yogyakarta

Orientasi Profesi pada Pengolahan Asap Cair UD. Madaniah dan Pengelolaan IPAL Komunal Desa di Daerah Bantul Yogyakarta

Kunjungan Wisata di Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah

Kunjungan Wisata di Candi Prambanan Yogyakarta

Kunjungan Wisata di Goa Pindul Yogyakarta

Kunjungan Wisata di Kebun Buah Mangunan, Pucak Becici Yogyakarta