FOCCUS GROUP DISCUSSION (FGD) JEJARING KERJA PENDIDIKAN VOKASI BERSAMA SEKOLAH TINGKAT SLTA SEDERAJAT DI SAMARINDA

Untuk membangun dan membina jejaring kerja serta menjalin komunikasi dan kerjasama Politani Samarinda dengan sekolah-sekolah SLTA sederajat di Samarinda sehingga masing-masing pihak dapat bertukar informasi untuk keberlanjutan pendidikan siswa lulusan SLTA, peluang penerimaan bidik misi dan bea siswa lain, serta penjurusan dan peluang kerjanya, hal tersebut disampaikan oleh Bapak Ir. Hasanudin, MP selaku Direktur Politani Samarinda pada pembukaan kegiatan Foccus Discussion Group (FDG) dengan para guru Bimbingan dan Konseling (BK) dari sekolah SLTA sederajat yang dilaksanakan selama 1 hari pada hari Selasa, 20 Maret 2018 di Kampus Politani Samarinda.

Ketua panitia pelaksanaan kegiatan ini, Ibu Dwinita Aquastini, S.Hut, MP selaku Pembantu Direktur IV, menyampaikan bahwa jumlah peserta yang hadir pada kegiatan tersebut sebanyak 24 orang dari 40 guru BK yang diundang yaitu guru BK dari SMA, SMK, MA yang berasal dari Samarinda, Anggana, Tenggarong dan Sanga-sanga. Tujuan dari kegiatan ini adalah 1) membina jejaring kerja Politani Samarinda dengan sekolah SLTA sederajat terutama bagi lulusan SLTA untuk menempuh studi lanjut di perguruan tinggi. 2) membangun alternative program yang mungkin dapat dilaksanakan sehubungan dengan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Pada kesempatan kali ini Pembantu Direktur I Bapak. Dr. Ir. F. Dwi Joko Priyono, MP memaparkan secara luas tentang studi akademik yang harus ditempuh pada setiap program studi, keberadaan dan kondisi terkini Politani Samarinda. Pemaparan kedua disampaikan oleh Pembatu Direktur III bapak Bapak Ir. M. Fadjeri, MP mengenai beasiswa yang dapat diperoleh pada saat menempuh pendidikan di Politani Samarinda terutama beasiswa bidik misi.

Pada sesi pemaparan materi dan diskusi tanya jawab, para guru BK secara antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan antara lain seputar mekanisme penerimaan mahasiswa baru, kuota penerima bidik misi dan beasiswa lain serta syarat-syarat pengajuan agar siswanya dapat menerima bidik misi. Pertanyaan-pertanyaan para peserta tersebut dijawab secara jelas dan lengkap oleh Pembantu Direktur I (Bpk. Dr. Ir. F. Dwi Joko Priyono, MP) dan Pembantu Direktur III, (Bapak Ir. M. Fadjeri, MP) dan kegiatan diakhiri dengan kunjungan para peserta untuk melihat dan mengetahui kegiatan-kegiatan terutama praktikum yaitu ke laboratorium pengolahan hasil hutan non kayu berupa pembuatan briket arang, asap cair, pembuatan kerajinan dari rotan, dan ke Laboratorium pengolahan hasil perkebunan yaitu pembuatan vco, minyak kelapa sawit, minyak kemiri, pabrik mini kelapa sawit serta Kebun Percontohan yang berada di Budidaya Tanaman Perkebunan.

Laporan Ketua Panitia FDG, Dwinita Aquastini, S.Hut,MP

Kunjungan Laboratorium Hasil Hutan non Kayu

Kunjungan Laboratorium Pengolahan Hasil Perkebunan

Peserta FGD mengunjungi Kebun Percontohan