PEMBEKALAN DAN PELEPASAN KEBERANGKATAN PKL MAHASISWA POLITANI SAMARINDA

Sebagai salah satu upaya Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda) untuk menghasilkan lulusan yang Profesional, Aplikatif, Siap kerja, Tepat waktu dan Inovatif (PASTI), di dalam kurikulumnya tercantum program Praktek Kerja Lapang (PKL).  Sebelum mahasiswa melakukan kegiatan tersebut, mahasiswa diberi tambahan pengetahuan dan sikap sehingga penguasaan keterampilan lapang mahasiswa semakin meningkat. Kegiatan pembekalan (santiaji) tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu pada 21-22 Pebruari 2018.  Tahun ini, merupakan pelaksanaan kegiatan PKL pertama bagi prodi Diploma 4 yang ada di lingkungan Politani Samarinda.

Pada hari pertama, kegiatan dilaksanakan di Auditorium Politani Samarinda dengan peserta sebanyak 292 mahasiswa, yang berasal dari 2 Program Studi D4, yaitu Manajemen Informatika dan Manajemen Perkebunan, serta 6 Program Studi D3, yaitu Pengelolaan Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Budidaya Tanaman Perkebunan, Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, Manajemen Lingkungan dan Geoinformatika. Materi disampaikan oleh Bpk. Sandy Sarwani, A.Md, Bpk. Hidayatullah, S.Hut, M.Sc dan Bpk. Ferry Nugroho, berkenaan dengan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Self Motivation and Entrepreneur.

Pada hari kedua, kegiatan pembekalan dilakukan di masing-masing program studi, karena meteri pembekalan lebih difokuskan pada pengetahuan praktis sesuai kompetensi prodi masing-masing.

Dan pada hari Jumat, 24 Pebruai 2018 dilaksanakan upacara pelepasan untuk keberangkatan mahasiswa ke lokasi PKL. Upacara pelepasan dilaksanakan di halaman Direktorat Politani Samarinda.Pembantu Direktur I, Bpk. Dr. Ir. F. Dwi Joko Priyono, MP selaku ketua panitia melaporkan bahwa mahasiswa akan diberangkatkan ke 6 Propinsi, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur yang tersebar di 12 kota/kabupaten. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan didampingi sebanyak 55 orang dosen pengantar ke72 lokasi antara lain Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember, Perusahaan/Instansi Kehutanan dan Perkebunan, Pusat kerajinan pengolahan kayu, Pupuk Kaltim Bontang, PDAM Tirta Kencana Samarinda, PT. PLN Samarinda, BPN Kabupaten Kutai Barat dan BPN Kabupaten Sleman dan lainnya.

Dalam wawancaranya Direktur Politani Samarinda, Bpk. Ir. Hasanudin, MP, berpesan kepada mahasiswa, agar selama kegiatan PKL dapat menjaga diri, menjaga nama baik keluarga dan lembaga.  Serta berusaha menjadi motivator dan inisiator di tempat pelaksanaan PKL nya masing-masing.

Upacara Pelepasan Keberangkatan Mahasiswa PKL

Pembukaan Kegiatan Santiaji

Penyampaian Materi oleh Narasumber

Penyerahan Sertifikat Kepada Narasumber