PELATIHAN ASESOR KOMPETENSI BAGI DOSEN POLITANI SAMARINDA

Lembaga Sertifikasi Profesi Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (LSP Politani Samarinda) telah melaksanakan kegiatan “Pelatihan Asesor Kompetensi” yang diperuntukkan bagi dosen Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Tujuan “Pelatihan Asesor Kompetensi” ini adalah untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan kompetensi bagi dosen yang nantinya akan berguna ketika mereka (dosen) akan menguji mahasiswa/alumni untuk mendapatkan sertifikat kompetensi atas pengakuan kompetensinya setelah mahasiswa/alumni menimbah ilmu di Politeknik Pertanian Negeri Samarinda khususnya di program studi masing-masing terhadap suatu skema sertifikasi/unit kompetensi bidang kerja atau posisi jabatan di dunia indutri kelak.

Pelatihan Asesor Kompetensi (ASKOM) ke-1 ini dilaksanakan oleh LSP Politani Samarinda sebagai salah satu unit pelaksana teknis/lembaga di Politani Samarinda yang memiliki tugas dan fungsi dalam hal sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa dan alumni Politani Samarinda. Dalam Pelatihan Asesor Kompetensi ini LSP Politani Samarinda bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai induk sertifikasi profesi di Indonesia. Pelatihan ASKOM ini berlangsung selama 5 (lima) hari sejak tanggal 13 – 17 November 2017 di Politani Samarinda. Pelatihan ASKOM ini diikuti sebanyak 25 orang peserta yang berasal dosen dari prodi-prodi yang ada di Politani Samarinda. Di dalam kegiatan pelatihan ini peserta diharapkan mampu mengorganisasikan asesmen, mengembangkan perangkat asesmen, dan mengases kompetensi sebagai bekal peserta ketika nantinya menjadi “Asesor Kompetensi”. Selama Pelatihan, peserta diwajibkan hadir dan mematuhi segala peraturan serta mengikuti seluruh materi yang diberikan oleh instruktur dari BNSP mulai pukul 08.00 – 21.00 Wita. Adapun instruktur/pengajar dari BNSP yaitu Master Asesor Bapak Dr.Ir. Nes Yandri Kahar, M.Sc dan Master Asesor Ibu Sutri Lasmini, SE. Sementara untuk menguji kompetensi peserta mengenai materi pelatihan ini diuji oleh master asesor yang juga berasal dari BNSP yakni Bapak I Ketut Sutapa, SE., MM dan Bapak Drs. I Gusti Nyoman Wiantara, MM. Output dari pelatihan ini adalah peserta akan mendapatkan sertifikat dari BNSP sebagai Asesor Kompetensi dan sekaligus menjadi asesor kompetensi di LSP Politani Samarinda.

Pelatihan ini berlangsung di Ruang Kuliah Umum (RKU) Politani Samarinda dimana pada acara pembukaan pelatihan ini dibuka oleh Direktur Politani Samarinda, Bapak Ir. Hasanudin, MP yang dihadiri oleh Pembantu Direktur I Bapak Dr. Ir. F.Dwi Joko Priyono, MP dan Ketua LSP Politani Samarinda Bapak Hamka, S.TP., MP., M.Sc. Sementara acara penutupan dilaksanakan di Ruang Rapat Politani Samarinda Lantai 3 Gedung Direktorat Politani Samarinda ditutup langsung oleh Direktur Politani Samarinda didampingi Pembantu Direktur I dan Ketua LSP Politani Samarinda.@hmk988.

Acara Pembukaan Pelatihan Asesor Kompetensi dihadiri oleh Direktur Politani Samarinda, Bapak Ir. Hasanudin, MP., Pembantu Direktur I, Bapak Dr.Ir. F. Dwi Joko Priyono, MP, Master Asesor BNSP, Bapak Dr.Ir. Nes Yandri Kahar, M.Sc dan  Ibu Sutri Lasmini, SE., serta Ketua LSP Politani Samarinda, Bapak Hamka, M.Sc.

Peserta sedang menerima Materi dari Master Asesor BNSP Ibu Sutri Lasmini, SE

Peserta sedang menyimak materi yang diberikan Master Asesor Bapak Nes Yandri Kahar

Peserta sedang latihan Role Play

Asistensi dokumen “Assessment” yang telah dibuat oleh Peserta ke Master Asesor

Foto bersama dengan Master Asesor BNSP bapak Nes Yandri Kahar dan Ibu Sutri Lasmini mengakhiri pelatihan penyusunan dokumen sebelum melakukan ujian real assessment keesokan harinya bagi para peserta Asesor Kompetensi

Asistensi dokumen ACA bagi peserta Asesor Kompetensi oleh Master Asesor BNSP, Bapak Drs. I Gusti Nyoman Wiantara, MM

Foto bersama peserta Pelatihan Asesor Kompetensi dengan Master Asesor BNSP dan Direktur Politani Samarinda beserta Ketua LSP Politani Samarinda dalam rangkaian penutupan Pelatihan Asesor Kompetensi