‘BENCHMARKING’ SENAT POLITANI SAMARINDA

Senat Akademik Politani Samarinda merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di Politani Samarinda dan memiliki tugas salah satunya adalah merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan Politani. Sehubungan dengan pengembangan Politani baru-baru ini tepatnya tanggal 19 – 22 Oktober 2017 melakukan Bencmarking (banding mutu) ke Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Politani Pangkep) di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dan kunjungan ke daerah Malino, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa.

Dalam kunjungan ke Politani Pangkep kali ini Senat Politani Samarinda ingin belajar kemajuan dari Politani Pangkep dan bertukar informasi tentang pengembangan-pengembangan Politani serta penjajakan kerjasama 2 (dua) Politeknik Pertanian kedepan. Senat Politani Samarinda dalam kunjungan ini membawa anggotanya berjumlah 23 orang, yang diketuai oleh Ketua Senat uang sekaligus Direktur Politani Samarinda, Bapak Ir. Hasanudin, MP., diterima langsung oleh Direktur Politani Pangkep, Bapak Dr. Ir. Darmawan, MP., beserta jajarannya di “Rumah Panggung” pinggir pantai yang merupakan tempat perjamuan tamu-tamu yang bertandang ke Politani Pangkep dengan menyajikan suasana panorama laut lepas Selat Makassar. Dalam perjamuan itu Senat Politani Samarinda disuguhi hidangan tradisional khas Bugis Makassar dan hasil tambak Politani Pangkep yaitu udang dan bandeng. Pertemuan kedua Politani ini berlangsung dalam suasana keakraban dan kekeluargaan.

Kunjungan Senat Politani Samarinda berikutnya ke daerah Malino Kabupaten Gowa. Kota Malino merupakan dataran tinggi dengan kontur pegunungan yang berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng yang memiliki hawa yang sejuk dan panorama pegunungan yang indah. Di kota Malino ini terdapat kebun teh dan pabrik teh yang dikelola oleh pihak swasta (Malino Highlands) dan hutan pinus yang dijadikan sebagai hutan wisata sekaligus penghasil getah pinus. Dalam kunjungan di Kota Malino tersebut Senat Politani Samarinda belajar mengenai tanaman teh dan tanaman pinus serta pengolahannya. Kunjungan Senat Politani Samarinda berakhir di Kota Makassar sebagai tempat transit untuk kembali ke Samarinda. @hmk988

Penerimaan oleh Direktur Politeknik Pangkep

 

Jamuan Makan Siang di Rumah Panggung

 

Kawasan Hutan Konservasi dan Malino Highland

 

Penyerahan Cinderamata oleh kedua belah pihak