POLITANI SAMARINDA SIAP BERKONTRIBUSI UNTUK KALTIM

PERAN STRATEGIS: Hasanuddin (kanan) menyerahkan ijazah kepada salah satu wisudawati. Politeknik Pertanian Samarinda juga memberi penghargaan kepada enam lulusan terbaik (foto satunya).

SAMARINDA- Senin (25/9) menjadi hari bersejarah bagi ratusan mahasiswa tingkat akhir Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda. Setelah menjalani studi jenjang diploma, mereka menjalani wisuda. Prosesi ini menjadi titik awal untuk berkarya bagi Kaltim.
Wisuda berlangsung di Ballroom Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Tercatat, 169 mahasiswa dari enam program studi resmi menyandang gelar ahli madya (AMd).
Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Hasanuddin mengatakan, kualitas lulusan tahun ini meningkat. Hal itu terlihat dari naiknya indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa yang lebih tinggi.
“Tahun lalu, IPK tertinggi 3,85. Pada wisuda ke-27 tahun ini, ada yang mencapai 3,95, atas nama Ishak Hastagina dari Prodi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan,” ungkapnya saat ditemui, kemarin.
Hasanuddin menyebut, meningkatnya kualitas lulusan dari sisi akademik itu tak terlepas dari upaya para staf dan pengajar yang terus berinovasi dalam proses pembelajaran. “Kami sering berdiskusi panjang. Beberapa kali juga mendatangkan narasumber dari luar. Itu semua dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” paparnya.
Mewakili Gubernur, Kepala Balitbangda Kaltim, Dwi Nugroho Hidayanto menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati. Dia berharap, para lulusan bisa segera berkarya, khususnya dalam membantu provinsi ini mengembangkan sektor pertanian sebagai salah satu penopang ekonomi utama.
“Kaltim memiliki banyak lahan tidur, serta lahan bekas tambang yang belum dimaksimalkan. Kita harus bisa membangun mindset para lulusan ini agar tidak berpikir menjadi pekerja kantoran. Merekalah yang diharapkan dapat memaksimalkan potensi lahan-lahan yang sangat luas tadi untuk pertanian,” ujarnya.
Dari sisi ekonomi, lanjut Dwi, bidang pertanian memiliki potensi yang sangat menjanjikan. Jika Kaltim ingin berjaya, dia menyebut, daerah ini perlu mendorong kinerja pada sektor pertanian.
“Dari yang lulus ini, bisa sebagai penggerak pembangunan pertanian. Tentu, ini pemerintah juga ikut mendukung. Jadi, bersama kita wujudkan visi pembangunan Kaltim,” tuturnya.
Dalam akhir seremonial wisuda, Ishak Hastagina selaku peraih nilai tertinggi menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah membimbing angkatan ini. “Kami akan berusaha sekuat mungkin mengaplikasikan ilmu yang kami dapat dalam kehidupan masyarakat,” tutupnya. (Sumber.KaltimPos)

Direktur Politani Menyerahkan Ijazah kepada Wisudawan/ Wisudawati